Selasa, 26 Oktober 2010

Penyakit MALES (Ngerjain Tugas)


Masalah saya sejak masih sekolah sampe sekarang masih sekolah adalah malas mengerjakan tugas. Sejak berstatus menjadi pelajar sampe sekarang jadi mahasiswa, dari yang namanya Pekerjaan rumah (PR) sampe tugas kuliah ,semuanya sama, hanya satu kata MALES. Padahal udah tahu kalau tugas itu ga sulit dan kadang malah menganggap tugas itu gampang, tapi tetep aja malesnya ga bisa ilang.
Apakah itu menjadi masalah semua pelajar dan mahasiswa seperti saya? Hmm saya rasa tergantung masing-masing deh, ada orang yang berpikiran kalau tugas itu semakin cepat dikerjakan maka semakin baik, tapi ada juga orang yang berpikiran nanti-nanti saja mengerjakan tugas, toh, ngumpulnya masih lama (saya banget itu).
Nah, buat para pelajar dan mahasiswa sebaiknya mengikutip saran yang pertama aja. Karena kalau kita mengerjakan tugas lebih cepat maka kita ga akan keburu-buru, bisa mencicil tugas sehingga ga harus mengeluarkan jurus Sistem Kebut Semalam (SKS) pada malam sebelum pengumpulan. Nah kalo tugasnya sedikit sih ga masalah, tapi kalau tugasnya banyak bisa berabe dong. Kalau tugas kuliah kayak bikin makalah, bikin proposal, bikin paper gitu kalau bisa dikerjakan dulu aja deh, jangan pas malem sebelum ngumpul baru ngerjainnya. Belum lagi ngeditnya, ngeprintnya, kan lama.
Namun, beberapa orang ada yang berpendapat bahwa kalau kita mengerjakan tugas di detik-detik terakhir maka otak kita akan bekerja lebih cepat, jadi bisa menjawab dengan cepat juga. Ga perlu terlalu banyak berpikir, karena saat kita dikejar waktu, adrenalin kita naik. Jadi pekerjaan yang tidak mungkin jadi mungkin dilakukan dengan cepat dan tepat (kadang terjadi pada saya, bukan kadang tapi sering).
Saya pernah punya pengalaman kayak gitu, sejak SD sejujurnya saya adalah anak yang agak malas mengerjakan PR. Padahal PR itu dikasih 1 minggu sebelumnya tapi parahnya saya akan mengerjakan PR itu pagi hari saat akan dikumpul (jangan dicontoh) kalau sudah begitu mama saya akan marah dan pasang muka sangar sedangkan mbak saya akan manyun didekat pintu nungguin saya ngerjain PR, padahal udah pada mau berangkat.
Jeleknya lagi, hal kayak  gitu juga ga berhenti di SD, tapi berlanjut di SMP, ngerjain tugas juga gitu tuh, tapi kali ini lebih canggih, karena udah gede jadi lebih kreatif, pagi-pagi dateng ke sekolah dan nyontek sama temen deh, kemajuan saya saat itu sangat signifikan kan!
Tapi sejak duduk di bangku SMA, saya sudah mulai meniggalkan kebiasaan buruk itu, yaa better laah dibandingkan SD dan SMP, ehm, malah kadang saya yang sering dicontekin (boleh sombong ga nih?). Tapi memang penyakit malas mengerjakan tugas itu sangat sulit dimusnahkan, kebayang ga sih pernah suatu hari saya dapet tugas makalah dan saya bersikeras akan mengerjakannya saat malam sebelum pengumpulan, tapi malam itu saya malah ketiduran dan tugas saya jadi keteteran, alhasil saya dateng terlambat dan apesnya tugas saya ga diterima coba?? Aiiss.. kesel banget, bukan malah kesel sama gurunya, saya malah kesel sama diri sendiri. Kenapa ga ngerjain dari kemaren? Kenapa selalu menunda-nunda pekerjaan? Padahal tugas ini ga susah-susah banget, dan saya yakin bisa ngerjain lebih baik lagi. Sejak saat itu saya bersikeras jadi anak rajin.
Ternyata komitmen saya untuk mengerjakan tugas lebih cepat itu ga bertahan sampe kuliah. Sekarang saya masih suka males-malesan ngerjain tugas, kayak sekarang nih, harusnya saya bisa mengerjakan tugas paper komunikasi politik, dasar-dasar penulisan dan studi independent tapi saya malah memilih untuk posting di blog, padahal kan nulis di blog bisa dilakukan kapan saja (plis banget jangan ditiru).
Lakukan yang harusnya kamu lakukan dulu, dahulukan yang lebih penting. Pilih skala prioritas, karena tugas kita sebagai pelajar dan mahasiswa sekarang adalah belajar jadi kita harus kerjakan tugas kita. Lakukan yang terbaik, apalagi buat kamu yang kuliah dan sekolah di luar kota, jauh dari orang tua. Tanggung jawab yang kita emban itu lebih berat, kita harus nunjukin kalau kita belajar dengan serius. Pikirin lagi biaya yang dikeluarin orang tua untuk nyekolahin kita jauh-jauh begini. Pikirin sampe segitu deh, pasti kamu akan lebih sadar.

(ga ada niat untuk berbangga diri, tapi hanya berniat untuk berbagi)

_salam ngoceh_



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

 

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger